Sindikasi welcomepage.okezone.com

Minggu, 28 Oktober 2012

“PENERAPAN STRATEGI DISTRIBUSI DAN PROMOSI PADA PT. MUSTIKA RATU DALAM MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN”.

-->
BAB I

PENDAHULUAN


1.1.      Latar Belakang Masalah
Sebagaimana kita ketahui bersama bahwa Indonesia adalah negara yang sedang berkembang walaupun dalam alam reformasi ini, dan dalam masa pembangunan ini pemerintah kita mempunyai tujuan yaitu membangun masyarakat adil, makmur, dan sejahtera. Untuk mencapai tujuan tersebut, salah satu langkah yang diambil oleh pemerintah yaitu: meningkatkan perekonomian bangsa indonesia.
Salah satu langkah pemerintah untuk meningkatkan perekonomian indonesia adalah dengan mengajak para investor asing untuk menanamkan modalnya diindonesia. Dengan adanya penanaman modal asing tersebut diharapkan terjadi suatu kontribusi keuntungan bagi perusahaan dalam negeri. Sampai sekarang ini sudah banyak perusahaan asing yamg menanamkan modalnya diindonesia. Bidang-bidang usaha yang diminati mencakup segala bidang, seperti: pertambangan, industri-industri berat dan ringan, bahan kimia, makanan, dan minuman.
Suatu pelaksanaan pemasaran yang baik adalah dengan menerapkan variabel yang terdapat didalam kegiatan pemasaran. Kegiata pemsaran itu sendiri terdiri dari produk, harga (price), saluran distribusi (place), dan promosi. Upaya lain untuk dapat lebih meningkatkan volume penjualan adalah dengan memperluas penyaluran barang (distribusi) dan promosi. Memilih dan menentukan distribusi yang baik bagi produk yang dihasilkan oleh perusahaan adalah masalah yang sangat penting, sebab kesalahan didalalm pemilihan ini dapat mengakibatkan keterlambatan dalam usaha penyaluran barang dari produsen kekonsumen. Maka untuk hal tersebut diperlukan saluran distribusi yang baik agar dapat menunjang tujuan utama dari perusahaan.

1
 
Selain hal-hal tersebut diatas dalam meningkatkan volume penjualan produk yang dihasilkan adalah dengan melakukan promosi. Tujuannya adalah agar barang yang dihasilkan dapat dikenal dan diminati oleh masyarakat.dengan melakukan promosi perusahaan berharap barang hasil produksinya dapat bersaing dengan barang yang sejenis dari perusahaan lain dipasaran. 
Kebijaksanaan pemasaran mencakup berbagai faktor yaitu intern dan faktor ekstern. Bagi PT. Mustika Ratu sendiri, kebijaksanaan pemasaran mereka dipengaruhi oleh kedua faktor tersebut diatas, namun lebih cenderung dipengaruhi oleh faktor intern yaitu sifat dari produk tersebut. Untuk menangani masalah ini, PT. Mustika Ratu mengambil kebijaksanaan dalam bidang pemasaran dengan menggunakan kegiatan distribusi dan promosi sebagai ujung tombak dalam penjualan produknya. Melihat hal ini penulis merasa tertarik untuk melakukan penelitian mengenai pelaksanaan kegiatan distribusi dan promosi pada PT. Mustika Ratu dan peranannya dalam meningkatkan penjualan, yang tertuang dalam judul “PENERAPAN STRATEGI DISTRIBUSI DAN PROMOSI PADA PT. MUSTIKA RATU DALAM MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN”.

1.2.      Perumusan Masalah
            Untuk dapat meningkatkan volume penjualan, maka strategi pemasaran yang ditempuh oleh perusahaan yaitu mengenai distribusi dan promosi. Oleh karena itu, dalam penulisan ilmiah ini penulis merumuskan permasalahan pada bagaimana penerapan strategi distribusi dan promosi  pada PT. Mustika Ratu terhadap peningkatan volume penjualan.

1.3.            Batasan Masalah
Pada penulisan ilmiah ini penulis akan membatasi permasalahan pada kegiatan Distribusi dan Promosi barang yang dilakukan oleh PT. Mustika Ratu dalam meningkatkan volume penjualan dan hubungan biaya Distribusi dan Promosi dalam meningkatkan penjualan produknya dengan menggunakan data penjualan  selama periode 1998-2002.



1.4.            Tujuan Penulisan
Penulisan ilmiah ini tak lain adalah bertujuan untuk mengetahui:
-          kegiatan promosi yang dilakukan oleh PT. Mustika Ratu
-          Pengaruh antara distribusi dan promosi dalam meningkatkan hasil penjualan produknya

1.5.            Metode Penelitian
Dalam penulisan ilmiah ini, penulis memperoleh bahan-bahan penulisan dengan cara:
1.      Studi Pustaka
Yaitu dengan buku-buku perpustakaan, perpustakan BEJ, buku-buku kuliah sebagai bahan referensi penulisan ilmiah ini.
2.      Studi Lapangan
Yaitu Dengan melakukan peninjauan langsung keperusahaan dan melakukan wawancara dengan pihak perusahaan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar