BAB I
PENDAHULUAN
1.1. Latar Belakang Masalah
Sebagaimana kita ketahui bersama bahwa Indonesia adalah
negara yang sedang berkembang walaupun dalam alam reformasi ini, dan dalam masa
pembangunan ini pemerintah kita mempunyai tujuan yaitu membangun masyarakat
adil, makmur, dan sejahtera. Untuk mencapai tujuan tersebut, salah satu langkah
yang diambil oleh pemerintah yaitu: meningkatkan perekonomian bangsa indonesia.
Salah satu langkah pemerintah untuk meningkatkan
perekonomian indonesia adalah dengan mengajak para investor asing untuk
menanamkan modalnya diindonesia. Dengan adanya penanaman modal asing tersebut
diharapkan terjadi suatu kontribusi keuntungan bagi perusahaan dalam negeri.
Sampai sekarang ini sudah banyak perusahaan asing yamg menanamkan modalnya
diindonesia. Bidang-bidang usaha yang diminati mencakup segala bidang, seperti:
pertambangan, industri-industri berat dan ringan, bahan kimia, makanan, dan
minuman.
Suatu pelaksanaan pemasaran yang baik adalah dengan
menerapkan variabel yang terdapat didalam kegiatan pemasaran. Kegiata pemsaran
itu sendiri terdiri dari produk, harga (price), saluran distribusi (place), dan
promosi. Upaya lain untuk dapat lebih meningkatkan volume penjualan adalah
dengan memperluas penyaluran barang (distribusi) dan promosi. Memilih dan
menentukan distribusi yang baik bagi produk yang dihasilkan oleh perusahaan
adalah masalah yang sangat penting, sebab kesalahan didalalm pemilihan ini
dapat mengakibatkan keterlambatan dalam usaha penyaluran barang dari produsen
kekonsumen. Maka untuk hal tersebut diperlukan saluran distribusi yang baik
agar dapat menunjang tujuan utama dari perusahaan.
|
Kebijaksanaan pemasaran mencakup berbagai faktor yaitu
intern dan faktor ekstern. Bagi PT. Mustika Ratu sendiri, kebijaksanaan
pemasaran mereka dipengaruhi oleh kedua faktor tersebut diatas, namun lebih
cenderung dipengaruhi oleh faktor intern yaitu sifat dari produk tersebut.
Untuk menangani masalah ini, PT. Mustika Ratu mengambil kebijaksanaan dalam
bidang pemasaran dengan menggunakan kegiatan distribusi dan promosi
sebagai ujung tombak dalam penjualan produknya. Melihat hal ini penulis merasa
tertarik untuk melakukan penelitian mengenai pelaksanaan kegiatan distribusi
dan promosi pada PT. Mustika Ratu dan peranannya dalam meningkatkan
penjualan, yang tertuang dalam judul “PENERAPAN
STRATEGI DISTRIBUSI DAN PROMOSI PADA PT. MUSTIKA RATU DALAM MENINGKATKAN VOLUME
PENJUALAN”.
1.2. Perumusan Masalah
Untuk dapat meningkatkan volume penjualan, maka strategi pemasaran yang
ditempuh oleh perusahaan yaitu mengenai distribusi dan promosi. Oleh karena
itu, dalam penulisan ilmiah ini penulis merumuskan permasalahan pada bagaimana
penerapan strategi distribusi dan promosi
pada PT. Mustika Ratu terhadap peningkatan volume penjualan.
1.3.
Batasan Masalah
Pada penulisan ilmiah ini penulis akan membatasi permasalahan pada
kegiatan Distribusi dan Promosi barang yang dilakukan oleh PT. Mustika Ratu
dalam meningkatkan volume penjualan dan hubungan biaya Distribusi dan Promosi
dalam meningkatkan penjualan produknya dengan menggunakan data penjualan selama periode 1998-2002.
1.4.
Tujuan Penulisan
Penulisan ilmiah ini tak lain adalah
bertujuan untuk mengetahui:
-
kegiatan promosi yang dilakukan
oleh PT. Mustika Ratu
-
Pengaruh antara distribusi dan
promosi dalam meningkatkan hasil penjualan produknya
1.5.
Metode Penelitian
Dalam
penulisan ilmiah ini, penulis memperoleh bahan-bahan penulisan dengan cara:
1.
Studi Pustaka
Yaitu dengan buku-buku perpustakaan,
perpustakan BEJ, buku-buku kuliah sebagai bahan referensi penulisan ilmiah ini.
2.
Studi Lapangan
Yaitu Dengan melakukan peninjauan langsung
keperusahaan dan melakukan wawancara dengan pihak perusahaan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar