Sindikasi welcomepage.okezone.com

Selasa, 30 Oktober 2012

PENERAPAN STRATEGI DISTRIBUSI DAN PROMOSI PADA PT. MUSTIKA RATU DALAM MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN


BAB V

PENUTUP


5.1. Kesimpulan
            Dalam Bab V yang merupakan bab terakhir ini, penulis ingin menyampaikan beberapa kesimpulan-kesimpulan yang dapat dikemukakan adalah sebagai berikut:
1.      Kegiatan promosi yang dilakukan oleh PT. Mustika ratu adalah melalui media periklanan, personal selling, dan publisitas. Dimana ketiga komponen promosi tersebut saling berkaitan antara satu dengan lainnya terhadap peningkatan penjualan, dan dianggap dianggap cukup efektif dalam mencapai pangsa pasar sesuai dengan pasar sasaran.
  1. Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh dari biaya distribusi dan biaya promosi terhadap hasil penjualan pada PT. Mustika Ratu dapat menggunakan suatu metode kuantitatif, yaitu metode regresi linier berganda, dengan menggunakan data dari biaya distribusi dan promosi, dan data penjualan selama periode 5 tahun terakhir yaitu dari  tahun 1998 – 2002.
  2. Dengan menggunakan perhitungan dari metode regresi linier berganda diketahui bahwa koefisien determinasinya r2 = 0,978 serta koefisien korelasinya sebesar r =  0,988 yang berarti bahwa biaya distribusi dan promosi mempunyai pengaruh yang sangat besar terhadap peningkatan hasil penjualan.

5.2. Saran – saran
            Dalam hal ini untuk dapat lebih meningkatkan volume penjualan, maka perusahaan dapat melakukan hal-hal berikut:
1.   Meningkatkan promosi atau dengan mempromosikan produknya dengan lebih efektif lagi.
2.  Lebih memperluas lagi daerah pemasarannya tidak hanya didalam negeri  saja tetapi juga diluar negeri.
3.   Memberikan pelayanan yang lebih baik sehingga konsumen merasa lebih puas lagi.
4.   PT. Mustika Ratu diharapkan agar dapat meningkatkan biaya saluran distribusi dan biaya promosi untuk dapat mendatangkan volume penjualan yang tinggi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar