BAB
V
PENUTUP
5.1. Kesimpulan
Dalam Bab V yang merupakan bab terakhir ini, penulis ingin
menyampaikan beberapa kesimpulan-kesimpulan yang dapat dikemukakan adalah
sebagai berikut:
1.
Kegiatan promosi yang dilakukan
oleh PT. Mustika ratu adalah melalui media periklanan, personal selling, dan
publisitas. Dimana ketiga komponen promosi tersebut saling berkaitan antara
satu dengan lainnya terhadap peningkatan penjualan, dan dianggap dianggap cukup
efektif dalam mencapai pangsa pasar sesuai dengan pasar sasaran.
- Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh dari biaya distribusi dan biaya promosi terhadap hasil penjualan pada PT. Mustika Ratu dapat menggunakan suatu metode kuantitatif, yaitu metode regresi linier berganda, dengan menggunakan data dari biaya distribusi dan promosi, dan data penjualan selama periode 5 tahun terakhir yaitu dari tahun 1998 – 2002.
- Dengan menggunakan perhitungan dari metode regresi linier berganda diketahui bahwa koefisien determinasinya r2 = 0,978 serta koefisien korelasinya sebesar r = 0,988 yang berarti bahwa biaya distribusi dan promosi mempunyai pengaruh yang sangat besar terhadap peningkatan hasil penjualan.
5.2. Saran – saran
Dalam hal ini untuk dapat
lebih meningkatkan volume penjualan, maka perusahaan dapat melakukan hal-hal berikut:
1. Meningkatkan promosi atau
dengan mempromosikan produknya dengan lebih efektif lagi.
2. Lebih memperluas lagi daerah
pemasarannya tidak hanya didalam negeri
saja tetapi juga diluar negeri.
3. Memberikan pelayanan yang
lebih baik sehingga konsumen merasa lebih puas lagi.
4. PT. Mustika Ratu diharapkan
agar dapat meningkatkan biaya saluran distribusi dan biaya promosi untuk dapat
mendatangkan volume penjualan yang tinggi.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar