Sindikasi welcomepage.okezone.com

Kamis, 31 Mei 2012

DEMOKRASI DI BERBAGAI NEGARA DAN DEMOKRASI DI INDONESIA

Demokrasi Indonesia , negara Indonesia adalah negara yang berbetuk demokrasi konstitusi.
Demokrasi yang dianut oleh Indonesia adalah demokrasi yang berdasarkan pancasila. Dalam mengamalkan dan melaksanakan pancasila sebagai dasar negara tentu saja disertai dengan sanksi-sanksi hukum walaupun tidak tercantum secara jelas dalam undang-undang dasar 1945 dan pada batang tubuh UUD 1945.

Budaya demokrasi Indonesia perlu di tanamkan dari sejak anak-anak. Demokrasi yang berdasarkan pancasila yang berfungsi sebagai pedoman bangsa Indonesia juga sebagai rambu penunjuk arah semua aktifitas dan kehidupan manusia dalam kehidupan sehari-hari.

Sekitar 62% negara di dunia mengklaim dirinya sebagai negara demokratis dan berbagai negara di dunia masih terus mengupayakan diri agar diakui sebagai negara yang menganut sistem demokrasi. Fenomena ini muncul sebab demokrasi dianggap sebagai satu-satunya bentuk pemerintahan yang menjanjikan kebebasan dan kesejahteraan. Negara-negara Eropa Barat dan Amerika Serikat yang telah lama menerapkannya kini berada dalam kemajuan ekonomi, politik, ilmu pengetahuan dan teknologi serta budaya. Bahkan China yang merupakan salah satu kampium komunis-sosialis kini “memaksa diri” mengklaim dirinya sebagai negara demokratis. Ada dua alasan terkait klaim demokrasi ini, alasan ekonomi dan alasan strategi politik maupun keamanan. Kebutuhan akan investasi asing dan bantuan luar negeri membuat negara di dunia terutama negara-negara berkembang berbondong-bondong melakukan demokratisasi. Negara-negara baru atau yang hendak merdeka pun cenderung memilih demokrasi dari pada bentuk pemerintahan lainnya. Fenomena ini disebabkan negara-negara maju seperti AS, Jerman, Inggris, Perancis dan lembaga-lembaga keuangan global seperti IMF dan Bank Dunia sering menjadikan demokrasi sebagai salah satu syarat untuk diberikan bantuan atau pinjaman. Dinamika politik internasional sangat dipengaruhi oleh perilaku negara-negara besar yang notabene demokratis, sedangkan negara demokratis cenderung memilih bekerja sama dengan negara-negara yang demokratis pula.

dikutip dari google dan facebook.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar